Hashtag: #serialhitamputih

76 Posts

Top Posts

@ahmad_suhudi SUKABUMI KIWARI AYENA TODAY Saya senang memotret orang2 yg sedang melakukan kegiatan sehari2, karena pada kondisi demikian, mereka terlihat lebih jujur dan apa adanya. Mengapa ini penting, karena boleh jadi sadar atau tidak, keseharian kita dipenuhi oleh upaya upaya tak berkesudahan untuk memoles diri, menampilkan sosok sempurna dalam anggapan publik. Kita tak pernah lepas dari topeng pencitraan. Kabar buruknya adalah, ketika kita gagal melakukan itu, dengan segala pencitraan yg tak berhasil, upaya selanjutnya adalah dengan mencari celah buruknya orang lain alias mulai nyinyir. Kita mulai menganggap aneh kehidupan orang lain, mulai mengkritisi gaya hidup orang lain, bahkan terkadang kita berupaya mengatur cara orang menikmati hobinya. Semata demi timbul rasa nyaman bahwa kita baik2 saja, bahwa hidup kita sempurna, normal, dan lurus. Padahal boleh jadi kitalah makhluk yg sungguh memelas, lebih membutuhkan banyak pelukan untuk menenangkan hatinya, dibanding orang2 yg kita nyinyiri itu. Lalu teringatlah quote dari film Fight Club.."Kita beli barang-barang yang tak kita butuhkan, dengan uang yang tak kita punya, demi menyenangkan orang-orang yang tidak kita sukai" Sekarang berhentilah sejenak, cobalah bercermin lalu diamlah. . . . . . . #streetphotographyindonesia #serialhitamputih #spi_light #humaninterest #humanpotrait #sukabumi

  • 16
  • 3
  • 5 Months ago

@ahmad_suhudi PIKUL PISANG Bekerja adalah bentuk cinta pada takdir hidup . . . . . . . . . #streetphotographyindonesia #serialhitamputih #streetphotographyinternational #humaninterest #humanpotrait

  • 33
  • 0
  • 5 Months ago

@ahmad_suhudi PENJUAL BAKSO KELILING //Sukabumi,2019 Saya selalu percaya bahwa uang bukanlah segalanya ketika melihat para penjual seperti ini. Uang bukanlah target utama mereka, sebab tentu saja berapa banyak yang bisa kau hasilkan dari piring2 bakso yang terjual dalam sehari. . Uang hanyalah sekedar alat bagi mereka. Setiap rupiah yang dihasilkan dari tetes keringat berpanas ria mengukur jalan tak lebih dari sekedar cara mencari rejeki dengan jalan yang terhormat. Bagi para penjual seperti ini kehormatan dan harga diri tetap yang utama. . Kenapa? Karena selalu ada cara yang lebih gampang untuk mendapat uang. Tinggal kau duduk menghiba sambil menengadahkan tangan meminta-minta. Bisa pula kau coba jalur kekerasan serba instan. Itu jika cuma sekedar uang yang kau cari. . Sehingga terbitlah maklum saya pada mereka2 yang mengambil bahu jalan, trotoar untuk berjualan. Kios2 jualan yang terkadang tak menyediakan ruang bagimu melintas di trotoar. Sebuah pemakluman untuk upaya mereka tetap menjaga harga diri dengan cara yang terhormat, tanpa harus merendahkan diri mengais empati dan iba orang lain. Sebuah masalah yang kadang diselesaikan begitu simpel oleh pemerintah lewat pentungan dan kejaran petugas karena dianggap jualan tanpa izin. . Terkadang bertanya, birokrasi dan segala tetek bengeknya diatur untuk siapa?. Apakah hanya demi rasa nyaman sebagai sebuah negara yang berdaulat?. Atau jangan2 kita telah lupa bahwa negara semestinya hadir untuk semua, baik yang kaya, ataupun miskin. Untuk mereka yang beruntung atau pada mereka yang tersisih oleh nasib buruk?. Jangan sampai negara hanya hadir dalam bentuk KTP dan urusan tetek bengek sensus demi urusan pemilu saja. Dan kita, sesama warga negara tak lebih mirip serigala yang siap saling sikat jika perut lapar dan uang sudah bicara. . . #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpas

  • 28
  • 1
  • 2 Weeks ago

@ahmad_suhudi TIGA SENYUM TIPIS Bocah bocah ini sedang asyik maen perosotan ketika melihat saya foto foto. Mereka spontan minta foto, disuruh bergaya malah pasang pose dempet tiga senyum2 malu. 😊 . . . . #serialhitamputih #fotohitamputih #humanpotrait #humaninterest #senyum #cianjur #streetphotography

  • 20
  • 0
  • 5 Months ago

@ahmad_suhudi MAMAOS CIANJURAN... . Mendengar petikan kecapi dan suling sunda, dipadu tembang2 syahdu itu agak berbahaya buat saya. Entah kenapa, bawaannya bikin pengen sungkem ke orang tua dan orang yang terliat tua lalu mengaku dosa..hehe . Hidup di tanah parahyangan membuat jadi senang dengar melodi2 khas sunda yang mendayu, ritme yang lembut dan terkadang menyayat hati. Jika dulu list lagu diisi oleh MCR, Oasis dan beberapa lagu Soneta (bukan beberapa, tapi banyak πŸ˜‚) serta Ratih Purwasih (😜) maka kini terselip alunan vokal merdu Nining Meida dan Alm. Darso..🀣🀣🀣 . #serialhitamputih #streetphotographyindonesia #spi_bnw #streetphotographyinternational #humaninterest #humanpotret #tanahsunda #mamaoscianjuran #fujifilm #fujifilm_id

  • 26
  • 2
  • 4 Months ago

Recent Posts

@ahmad_suhudi TENTERAM Pagi-pagi bapak ini duduk sendiri, di depan pelataran tokonya. Mengisap pelan rokoknya sambil menikmati hangat sinar matahari. Terkesan tak peduli dengan riuh dunia disekitarnya, desah gemuruh jalan yang tak kenal waktu istirhat. Tenteram menikmati bahagianya sendiri. . Tetiba teringat kisah sang Filsuf mazhab sinisme terkenal, Diogenes. Filsuf yang terkenal hidup bebas, terkadang hanya menikmati waktu duduk dalam tong. Suatu hari, sang Maharaja Macedonia, Alexander The Great menemuinya. Sang raja berdiri didepannya lalu bertanya apa permintaannya. Diogenes acuh tak acuh hanya berkata : aku hanya ingin engkau bergeser dari depanku..engkau menghalangi sinar matahari. Sesimple itu, setakpeduli itu. . Terkadang ketika engkau membebaskan dirimu dari keinginan yang muluk2, pada akhirnya baru bisa kau kecap rasannya tentram. Keinginan adalah penderitaan. Karena keinginan adalah samudera luas tak berdasar,laksana sebuah blackhole yang menghisap tanpa henti. . Tenteram dalam damai keinginan. #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #minimalism #minimalistphotography #minimalist #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit #nyetrit_hari_senin

  • 25
  • 0
  • 2 Weeks ago

@ahmad_suhudi PEKA Boleh dikata, salah satu kata yang hilang dalam kamus hidupku adalah kata :peka. Entah disesuaikan dengan kulit muka yang tebal kayak badak, sehingga kepekaan juga luntur tak bersisa. πŸ˜… . Namun karena saya sadar bahwa saya tak peka, saya berusaha untuk tak berkomentar pada banyak hal. Terkadang ada begitu banyak pikiran yang melintas begitu melihat atau mendengar atau ter"kontaminasi" oleh sesuatu, yg sy biarkan mengendap sendiri walau ujungnya berwujud ketawa-ketawa sendiri. Sy tak komentar karena sy ragu jgn sampai level komentar sy belumlah cukup merangkul makna kata peka. . Bagi saya itu becanda, namun ditelinga orang lain, itu adalah bentuk penyerangan. Bagi saya itu adalah pujian, namun boleh jadi bagi orang lain itu adalah bentuk bully-an. Kembali lagi, kadar peka saya taklah berada dalam garis yg sama dengan standar peka orang lain. Bgitupun sebaliknya. . Gempa semalam juga menjadi batas saya bertanya tentang soal peka-tidak peka ini. Jujur saya merasa tak nyaman, ketika belumlah reda rasa panik karena goncangan itu, tiba2 membaca postingan beberapa orang yg boleh jadi niatnya baik, namun terasa terlalu dini. . Bagaimana dgn ringannya beberapa menulis menyindir bahwa goncangan menjelang Isya itu gara2 adzan berkumandang tapi tak mau sujud, jadi diberilah getaran agar kau mau sujud sedikit saja. Entahlah, sebagai seseorang yg sadar tak peka, tulisan kayak begini seperti seseorang yg melihat orang lain mengaduh kesakitan karena celaka lalu berdiri didepannya dan berkata : gue bilang juga apa, makanya hati2..sakit khan jatuh. . Yup, terkadang niat baik menasehati beda2 tipis dengan menyumpahi. . Permasalahannya, terkadang kita perlu merasakan ketidakpekaan baru kemudian tersadar betapa pentingnya bersikap peka. Belajar peka itu sulit. #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #minimalism #minimalistphotography #minimalist #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets

  • 17
  • 0
  • 2 Weeks ago

@ahmad_suhudi GASKEUUNNN...JANGAN KASIH KENDOR ketika raga terasa lalungse tapi mesti tampil prima..disitu saya merasa sedih. Tapi hati kecilku berkata, kamu jangan bersedih karena Ultraman Taro saja pantang menyerah walau kalah terus melawan monster. . #portrait #humanportrait #hitamputih #fotohitamputih #streetphotographyhub #streetphotographyindonesia #streetphotographyinternational #streetspirit #serialhitamputih #streetphotography #bnw

  • 24
  • 0
  • 3 Weeks ago

@ahmad_suhudi WELCOME TO THE JUNGLE Saya senang memotret orang dengan segala gaya dan kondisinya. Orang asing yang tak saya tahu cara berpikirnya, pilihan politiknya atau sekedar sikapnya menanggapi mana lebih baik bernyanyi, Via Valen atau Nella Kharisma. Sekedar bentuk, sekedar aktifitas tanpa teks, sekedar nilai manusia. Dengan begitu, peluang saya kecewa pada betapa tak konsistennya makhluk bernama Manusia ini bolehlah minim. . Integritas adalah kata mahal di jaman sekarang. Terlalu sering bertemu seseorang yang begitu gagah berucap soal kebenaran, tentang kejujuran tapi terjerembab dalam kolam kepalsuan ketika dihadapkan pada pilihan buruk. Bahkan sekedar bersikap adil pada orang yang berbeda pandangan politik, ia tak mampu. Begitu gampang mencaci dan menuduh orang lain sebagai penipu, tapi diam saja ketika junjungannya tak lebih tipu tipu dari Sengkuni . Wibisana, Kesatria sejati yang rela membangkang pada Rahwana karena tak setuju sikap pengecut kakaknya itu. Ia memilih terusir dari Alengka daripada tunduk mengabdi pada sesuatu yang menurutnya salah. Disisi lain, Ada Kumbakarna, Ksatria digdaya yang memilih mati bertarung disisi kakaknya, sang penculik istri orang, yang tentu saja tak sesuai dengan jalan suci para ksatria. Ia bertahan pada nilai integritas yang ia anut, membela tanah airnya yang diserang musuh. Semua punya nilai kebenaran masing2. Yang utama, seberapa konsisten kau memegang nilai kebenaran itu. . Keduanya berada dipihak yang berbeda, tapi satu dasar : integritas dan konsistensi pada prinsip yang benar. Bukan sekedar mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan. . Terlalu sering bertemu sosok yang manis lembut tutur katanya, tapi begitu kelam jalan pikirannya. Ada yang begitu rajin posting potongan kitab suci, kata2 tinggi para filsuf, jargon2 kebenaran tapi tak lebih dubuk jahat ketika kepentingannya terganggu. Semua ujung2nya balik pada palsu semata. . Bercermin pagi ini, integritas pada kebenaranpun tak lagi saya berani ucapkan. Tokh saya tak jauh beda dengan mereka di jalan. Sama2 manusia. . Akh..sepagi ini, saya sudah remuk redam kecewa

  • 27
  • 9
  • 3 Weeks ago

@ahmad_suhudi MANUSIA KECIL Dipantau dari ketinggian, yang namanya manusia ternyata sama saja. Cuma bentuk luar yang bisa dibedakan denagn makhluk lain, atau ciri2 fisik yang dibedakan sebagai lelaki atau perempuan. Sisanya? Ya sama saja. Sekedar manusia, kecil, lemah, dan rapuh. . Boleh jadi ini solusi biar kita tidak terjebak sifat sombong. Sekali-kali kita perlu menengok fakta bahwa jika dilihat dari atas, kita tak lebih figur2 kecil yang seragam, sama bentuk, sama tak berdayanya, sama rentan untuk hancur lalu lenyap ditelan keabadian. Tak lebih sekedar mainan bagi takdir, pion2 kehidupan . Jika sudah paham soal ini, lalu dengan apa kita berpijak pada rasa sombong dengan sesama makhluk? . #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit

  • 22
  • 1
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi BUKAN KUTJING OREN . kucing kampung yang buat dapat potret kayak begini mesti kasih sesajen berupa cakaran maut di tangan. . Baru jadi kucing kampung aja, dah jual mahal. Apalagi kalau sudah kenal kota dia. Ditegur gak nyahut dia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ . #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #nyetrit #nyetrit_hari_senin #kucing #fotokucing

  • 30
  • 2
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi THE PHILOSOPHY OF BEAUTY //Sukabumi,2019 _Festival Aya Aya Wae . Jengkel dengan model cropping IG yg kaku..jadinya pakai aplikasi biar bisa ngakalin. Efek sampingnya foto jadi pecah, di zoom dikit malah ngeblur, ketajaman hilang,pecah2 kayak korban jentikan maut Thanos. Ya sudahlah..nikmati yang ada aja, sambil nyari2 ilmu buat ngelawan Thanos,eh..ngakalin Instagram πŸ˜‚ . Btw, foto ini sengaja saya jepret karena suka dengan situasi paradoks yang ada. Perempuan muda modis mempromosikan alat kecantikan, tp malah tak yakin dengan hasilnya karena tetap pake masker. Disisi lain, seorang ibu2 paruh baya lewat dengan paras lembut minus polesannya dan tampak begitu percaya diri . Ibu ini tersenyum tipis saat melihat saya memotret. . Saya jadi berpikir bahwa obsesi pada "cantik" adalah sumber derita kaum wanita. Sebuah tren yang dibangun dunia modern bahwa cantik itu mesti mulus, kulit putih, tanpa keriput, bahkan kalau perlu tanpa pori-pori. Saya ragu, jalan derita yang mesti dilalui perempuan untuk tampil cantik itu sanggup ditanggung oleh lelaki. Alis yang dicukur, bulu mata yang dilem, kulit yang dikerik, muka dicoret2, dan segala bentuk siksaan hidup yang bisa dibayangkan umat manusia adalah segala hal yang mesti ditanggung demi status cantik. . Bersyukurlah para lelaki, bahwa semua derita itu demi sebuah persembahan untukmu, untuk matamu. πŸ˜‚ . Lalu bagaimana nasib mereka yang terlahir tak cantik menurut standar dunia yang ambigu dan tak mau menjalani derita demi itu? Filsafat memberi jalan, yakini saja ini : cantik itu dari hati. Halah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit #nyetrit_sabtu_sore

  • 25
  • 0
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi DANCING DUDE //Sukabumi,2019 _Festival Aya Aya Wae . Diiringi musik dangdut yang menghentak, bapak ini bergoyang dengan cueknya. Asik bergerak tak peduli dengan orang yang lalu lalang sambil sesekali menghisap rokoknya. Penuh energi hidup. . Terkadang dalam hidup, mentalitas seperti ini adalah solusi sekaligus obat bagi jiwa. Enjoy saja hidupmu, nikmati dalam gelora, biarkan saja debu semesta bergelayut, serapah, daki daki kehidupan berlalu. Carpe Diem.. . #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit #nyetrit_sabtu_sore

  • 18
  • 0
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi KHUPI CINTA... //Sukabumi, 2019 Festival Aya Aya Wae Lagi ada festival di kota ini. Daripada bengong, ya udah ngider-ngider sambil jepret sana sini. Banyak jajanan, banyak musik, banyak ekspresi,..begitulah. . Dan disudut ini, salah satu maestro cinta sekaligus filsuf generasi baru, ayah @pidibaiq meninggalkan jejaknya dalam bentuk kutipan maha dahsyat. . Ahh..mari merayakan cinta, entah sedap entah masam,nikmati saja dulu. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ . #ayaayawae #festival_ayaayawae #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit #nyetrit_sabtu_sore #pidibaiq

  • 32
  • 4
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi DUSTA FOTOGRAFI //Sukabumi, 2019 Foto tak selalu apa adanya. Ia memberi banyak cerita sekaligus menutupi banyak hal lainnya. Ia hanya berkisah berdasarkan interpretasimu lewat persepsi indera penglihatan. . Foto menawarkan drama, kisah pilu, bahagia, sendu, campur aduk emosi, semua tergantung caramu menginterpretasi gambar. . Karena mata kadang menipu, karena telinga kadang salah dengar, karena rasa kadang salah mencecap, maka berpikirlah dua kali sebelum jatuh tuduhan. Tinjau ulang sebuah pendapat sebelum kata-katamu menghujam tajam. . Karena engkau bisa saja meminta maaf kemudian..tapi tak semua luka bisa sembuh hanya dengan sekedar maaf... . #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit #nyetrit_hari_senin

  • 22
  • 0
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi TERIK //Sukabumi, 2019 . Salah seorang Fotografer yang saya kagumi adalah Fan Ho. Street Photografer sekaligus sutradara film kelahiran Sanghai tahun 1931(wafat tahun 2016) ini adalah salah satu fotografer yang karya2nya mampu membius saya secara visual. Boleh dikata saya dalam level tergila-gila dengan jepretannya. . Tidak hanya sekedar nilai estetis, tapi selalu ada kisah dari setiap fotonya. Ada drama yang terpancar keluar lewat permainan komposisi, gradasi cahaya, kabut, ROL, siluet dalam foto2 jepretannya. . Ia tahu ada keindahan kisah manusia dalam lorong2 kota, sungai, dinding2 kusam, jalanan dan berhasil menyampaikannya. . Fotografi bercerita dalam bahasa visual yang tak perlu gegap gempita suara, biarkan saja imajinasimu mencerna kisah apa dalam gambar yang ada. Sebuah hal yang sungguh membuat saya hanyut seirama di dunia yang semakin hingar bingar suara bising tak berjeda. Sebuah inspirasi. . #streetphotographyindonesia #thestreepers #streetphotography #streetspirit #streetphotographyinternational #aspfeatures #blackandwhitephoto #monotone #monochrome #urbanstreetphotogallery #fujifilm #fujifilm_id #fujifilmx #xt100 #fujifilm_street #serialhitamputih #streetphotographyhub #fujiguysid #3xplorefgi #lens_culture #life_is_street #dreaminstreets #fotohitamputih #sukabumi #huntingpasar #nyetrit #nyetrit_hari_senin #myspc #streetphotographyhub #fan_ho

  • 22
  • 1
  • 1 Month ago

@ahmad_suhudi MENUNGGU Menunggu adalah cengkerama dengan waktu. Tak selalu menyenangkan, tapi kelindan hidup adalah tentang itu. Menunggu tuntas hidup, menunggu perjumpaan hakiki, serta berbagai penantian yang lain. . Lalu pada akhirnya, segala luka, dendam, perih hidup akan disembuhkan oleh waktu. Waktu bahkan berdaya guna membunuh cinta yang paling sombong sekalipun. Yang patut kau lakukan hanyalah menunggu dengan sabar. Perih dengan gulana mungkin, tapi akan datang masanya. Bersabar sajalah menunggu . #blackandwhitephotography #bnw #bnwphoto #fotohitamputih #serialhitamputih #human #humanisme #belajarmenunggu #monochrome #monotone

  • 38
  • 5
  • 2 Months ago

@ahmad_suhudi ADYATMA . . . #humanpotrait #fotohitamputih #serialhitamputih #blackandwhitephoto #fujifilm #fujifilm_id #xt100 #proudfather #monsterbaikhati *nak, kau telah paham setengah rahasia dunia jika kau telah mengerti soal itu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  • 22
  • 0
  • 3 Months ago

@ahmad_suhudi Run itu Lari . Minimalistik, banyak ruang negatif, komposisi yg simple, minim warna cenderung saturasi nol(kalo memungkinkan), kontras tinggi antara high tone dan shadow tone. Yup, entah mengapa saya sungguh menikmati foto model begini. . Saya tak membenci warna, tapi terkadang warna bagi saya adalah beban yg membuat rumit sebuah imaji. Lebih sering mendistraksi fokus perhatian. Warna bagi saya ibarat syarat syarat yg diajukan sepasang kekasih sebelum saling mencinta, lebih banyak ribetnya daripada manfaatnya. Dan yup, segala aturan bgitu pada ujungnya akan mengurangi nikmatnya cinta.halah..ngomong apa jaenudin πŸ˜‚ . Jadi, jika bagi para pemotret atau fotografer, foto hitam putih adalah sebuah cara menyampaikan bahasa foto, maka dalam kasus saya, foto hitam putih tak lebih cara mengakali ketidakmampuan saya mengolah dan memberdayakan warna secara optimal. Itu alasannya.wkwk . Tp kembali lagi, fotografi tak melulu soal tekhnis atau kedalaman makna, filosofi bla bla. Fotografi dan tindakan potret memotret adalah salah satu cara menikmati hidup. Jadi ya, tak usah diambil terlalu pusing. πŸ˜‚ . #serialhitamputih #streetphotography #aspfeatures #streetphotgraphyinternational #fotohitamputih #monsterbaikhati #urbanstreetphotogallery

  • 17
  • 0
  • 3 Months ago

@ahmad_suhudi Hisap Resap Asap . Merokok membunuhmu, begitupun konsumsi alkohol, yg kata Sisitipsi, jahat tapi enak. Dengki, kebencian, dendam juga bisa membunuhmu. . Ohya, patah hati juga bisa, apalagi sampai kau nekat menenggak racun serangga gara-garanya . Jadi? Ya tak usah merokok,konsumsi alkohol, bersihkan hati dan tak usah jatuh cinta. Jikalaupun kau nekat jatuh cinta, minimal buang jauh stok obat serangga yg kau punya. . Halah #bukaniklanrokok #rokokitutakbaik #serialhitamputih #humaninterest #blackandwhitephotography #streetphotography

  • 17
  • 0
  • 3 Months ago

@ahmad_suhudi The Unfinished Jazz : Inside The Mind of A Procrastinator . Melihat dari sisi berbeda, berpikir dari sudut yg lain lalu biarkan semesta mengatur waktu yang tepat. Tak usah terburu, biarkan jazznya berakhir sendiri sambil menunggu kopi dalam gelas berada pada suhu sempurna . Tundalah sedih,lelah, kecewamu lalu bernyanyilah bersama Rahwana yg masih juga memuja cinta pada Shinta bahkan di jaman yang membusuk oleh celoteh politikus. Tak usah terburu, karena jazz yg sumbang tak menuntut deadline ... πŸ˜‚πŸ˜ƒπŸ˜ƒ . #serialhitamputih #monochrome #bnwphoto #jazz #fujifilm_id #fujifim #fotojangandibalik #menundaitubutuhseni

  • 23
  • 1
  • 4 Months ago

@ahmad_suhudi A Day In The Life of Mr Jajang, The Kapster . Tukang cukur, mungkin salah satu profesi paling powerfull sedunia. Mulai presiden sampai rakyat jelata bisa ia atur2 miring kanan, dongak, menunduk sesuka dia . Belum lagi dia punya hak untuk berkomentar suka suka tentang uban di rambutmu, tentang penipisan rambut di area tengah kepala yg membentuk pola bak atol di lautan, serta memberi pendapat setengah menghakimi bahwa potongan rambut quiff undercut tak cocok dengan garis wajah anda yg mirip tukang jagal. Semua sah di tangan dan mulut mereka . Dan ketika barbershop langganan tutup, terdamparlah saya disini, menunggu giliran dijamah lalu iseng foto mr jajang beraksi.hehe. . Semoga ia nanti tak gagal, sebab 65% pesona saya berada di gaya rambut optimal, 25 % dari senyum manisku, 10% dari prilaku sopan nan bersahaja πŸ˜‚ . . #streetphotographyindonesia #streetphotographyinternational #serialhitamputih #spi_bnw #sukabumi #monochrome

  • 26
  • 3
  • 4 Months ago

@ahmad_suhudi MUSIK TUBUH Tubuh kita memiliki pola ritmis kontinyu, mulai denyut jantung, helaan nafas, kedip mata, bahkan gerak ususmu. Ada yg menjadi refleks purba, sebuah jaminan bagi berkelanjutannya hidup. Irama musik yang sudah ada sejak ditiupnya Ruh dalam raga penghulu manusia, dahulu di surga. Irama yg berkelindan, mengalir tenang dalam do'a do'a di sepertiga malam, dalam syukur harap nan bestari. Kadang pula iramanya bergejolak, berdebar penuh rasa, wujud cinta, degup malu tatapan sepasang kekasih. Atau memburu bagai kereta perang, mengebul asap menyesakkan oleh mereka yg terluka, oleh mereka yg ditelan amarah. Dan pada akhirnya, kita akan tersadarkan bahwa hidup kita ini tak lebih sedang dalam perjalanan menuntaskan konser musik pribadi. Sebuah lagu, dendang yg tak pernah kita tahu apa akan selesai dengan tuntas sempurna berakhir senyuman, atau berhenti tiba-tiba di tengah jalan. Semoga tenang hati, damai indah irama hidup kita semua hingga tiba diujung nada. Aamiin . . . . . #serialhitamputih #humaninterest #humanpotrait #musiktubuh

  • 30
  • 3
  • 5 Months ago

@ahmad_suhudi OH..GRACE, KENAPA JAYUS BANGET IKLANMU DI TV? 🀣🀣🀣 . . . . . . . . . #streetphotographyindonesia #serialhitamputih #streetphotography #humanpotrait #sukabumi #streetphotographyinternational #spi_light #spi_transport

  • 24
  • 0
  • 5 Months ago